lATIHAN SOAL UAS S1 PGSD UNIVERSITAS
TERBUKA (UT)
PDGK4201 PEMBELAJARAN PKN DI SD
1. Dalam kurikulum di bawah ini yang sudah
mengenal istilah pendidikan kewarganegaraan adalah kurikulum ....
A. tahun 1946
B. tahun 1957
C. tahun 1961
D. tahun 1968
2. Menurut Permendiknas No. 22 tahun 2006,
bahwa tujuan dari mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan adalah agar peserta
didik memiliki kemampuan sebagai berikut. Kecuali….
A. berpikir secara kritis, rasional, dan
kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan
B. berpartisipasi aktif dan bertanggung jawab,
bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,
serta anti korupsi
C. berkembang secara positif dan demokratis
untuk membentuk diri berdasarkan karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup
bersama dengan bangsa-bangsa lainnya
D. berinteraksi dengan bangsa-bangsa lainnya
dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan mengikuti
salah satu blok pertahanan agar negara lebih kuat
3. Pernyataan di bawah ini yang bukan
merupakan alasan bahwa PKN sebagai mata pelajaran yang mengusung misi
pendidikan nilai dan moral, adalah….
A. materi PKN adalah konsep-konsep nilai
Pancasila dan UUD 45 berserta dinamika perwujudan dalam kehidupan masyarakat
negara Indonesia
B. sasaran belajar akhir PKN adalah perwujudan
nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam bentuk perilaku nyata
kehidupan sehari-hari
C. proses pembelajarannya menuntut terlibatnya
emosional, intelektual, dan sosial dari peserta didik dan guru sehingga nilai-nilai
tersebut bukan hanya dipahami tetapi dihayati sekaligus dilaksanakan
D. materi PKN merupakan kebijakan pemerintah
yang harus dilaksanakan oleh seluruh warga negara Indonesia, apabila tidak
dilaksanakan maka akan mendapatkan sangsi tegas
4. Dalam pendidikan nilai, substansi nilai
tidaklah semata-mata ditangkap dan diajarkan tetapi lebih jauh, nilai dicerna
dalam arti ditangkap, diinternalisasi, dan dibakukan sebagai bagian yang
melekat dalam kualitas pribadi seseorang melalui proses belajar, merupakan
pandangan dari….
A. Hermannu
B. Lickona
C. Bloom
D. Alisyahbana
5. Menurut Permendiknas No. 22 Tahun 2006,
bahwa substansi kurikuler yang didalamnya mengandung nilai dan moral persatuan
dan kesatuan bangsa meliputi, antara lain....
A. hidup rukun dalam perbedaan
B. tertib dala kehidupan keluarga
C. hak dan kewajiban anggota masyarakat
D. harga diri sebagai warga negara
6. Berkaitan dengan hubungan interaktif
pengembangan nilai dan moral, bahwa pendidikan moral merupakan aspek yang
esensial bagi perkembangan dan berhailnya kehidupan demokrasi, merupakan
pandangan dari....
A. Hermann
B. Lickona
C. Bloom
D. Alisyahbana
7. Menurut Piaget, perkembangan dalam tahapan
kesadaran mengenai aturan, dimana aturan dirasakan sebagai hal yang tidak
bersifat memaksa adalah usia antara....
A. 0 – 2 tahun
B. 2 – 8 tahun
C. 8 – 12 tahun
D. 12 – 15 tahun
8. Bahwa sesuatu hal dipandang baik dengan
pertimbangan untuk memenuhi anggapan orang lain baik karena memang telah
disepakati, merupakan ciri dari tahap perkembangan moral, yaitu....
A. orientasi hukuman dan kapatuhan
B. orientasi instrumental nisbi
C. orientasi kesepakatan timbal balik
D. orientasi hukum dan ketertiban
9. Pendidikan kewarganegaraan sebagai wahana
utama serta esensi pendidikan demokrasi di Indonesia, yang dilaksanakan dengan
fokus kecerdasan dan daya nalar warga negara baik dalam dimensi spiritual,
rasional, emosional, maupun sosial adalah....
A. civic responsibility
B. civic intelligence
C. civic participation
D. civic education
10. Pendidikan yang memungkinkan siswa
mengetahui apa yang menjadi hak dan kewajibannya, merupakan fungsi dan peran
pendidikan kewarganegaraan sebagai....
A. pendidikan nilai dan moral
B. pendidikan politik
C. pendidikan kewarganegaraan
D. pendidikan hukum dan kemasyarakatan
11. Pernyataan di bawah ini merupakan
kelebihan dari pendekatan pembelajaran terpadu dibandingkan dengan pendekatan
pembelajaran yang bersifat konvensional, kecuali....
A. pengalaman dan kegiatan belajar anak akan
selalu relevan dengan tingkat perkembangan anak
B. seluruh kegiatan beajar lebih bermakna bagi
anak sehingga hasil belajar akan dapat bertahan lebih lama
C. kegiatan yang dipilih dengan dan bertolak
dari minat dan kebutuhan
D. pembelajaran terpadu lebih menfokuskan pada
ranah kognitif dan psikomotor
12. Berikut ini adalah mata pelajaran yang
paling erat keterkaitannya dengan mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan,
kecuali....
A. IPS
B. Pendidikan agama
C. Pendidikan keterampilan
D. Bahasa Indonesia
13. Penduduk Indonesia golongan weddoid
terdapat di daerah....
A. Enggano dan Mentawai
B. Papua dan Aru
C. Sunda Besar dan Madura
D. Sumatera dan Jawa
14. Berikut ini merupakan latar belakang
kemajemukan bangsa Indonesia, kecuali....
A. Latar belakang historis, dimana neneng moyang
bangsa Indonesia datang ke Indonesia dalam waktu yang cukup lama dan
berbeda-beda dalam perjalanan berkembang sesuai dengan pengetahuan dan
pengalamannya.
B. Secara geografis kondisi kepulauan di
Indonesia berbeda-beda
C. Secara sosilogis dan kultural dampak
teknologi manusia yang berkembang
D. Secara yuridis bangsa Indonesia mempunyai
konstitusi yang mengatur kehidupan bermasyarakat, bernegara, dan berbangsa
15. Lagu apuse berasal dari daerah.....
A. Papua (Irian Jaya)
B. Sulawesi Utara
C. Tapanuli
D. Maluku
16. Pernyataan berikut ini yang bukan
merupakan pandangan Prof. Haryati Sudibyo tentang hal-hal yang perlu
diperhatikan dalam menanggulangi keanekargaman bangsa Indonesia adalah....
A. bahwa Indonesia merupakan kepulauan yang
luas sekali
B. wilayah yang luas terdiri dari belasan ribu
pulau dengan penduduk yang beranekaragam
C. keanekaragaman budaya dan bahasa setempat
memiliki dasar budaya dan bahasa yang sama
D. hukum nasional harus diberlakukan secara
berbeda-beda menyesuaiakn kondisi budayanya
17. Salah satu landasan hukum Bhinneka Tunggal
Ika, adalah batang tubuh UUD 1945, yaitu...
A. pasal 1 ayat 1
B. pasal 27
C. pasal 30
D. pasal 31
18. Paham bangsa timbul karena persamaan
perangai dan tingkah laku dalam memperjuangkan persatuan dan nasib yang sama,
merupakan nasionalisme menurut pandangan ....
A. Joseph Ernest Renant
B. Otto Bauar
C. Louis Sneyder
D. L. Stoddard
19. Berikut ini merupakan konsep arah
kebijakan nasional yang dapat dikembangkan untuk menuju masyarakat adil dan
makmur dengan pemerintahan yang transparan, kecuali....
A. menjadikan nilai-nilai agama dan
nilai-nilai budaya bangsa sebagai sumber etika kehidupan berbangsa dan
bernegara dalam rangka memperkuat akhlak dan moral penyelenggara negara dan
masyarakat
B. menjadikan Pancasila sebagai ideologi
negara yang terbuka dengan membuka wacana dan dialog terbuka di dalam
masyarakat
C. meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan
masyarakat
D. menegakkan supremasi kekuasaan eksekutif
agar pemerintahan berjalan dengan lancar
20. Bertitik tolak dari kehidupan masyarakat
Indonesia yang majemuk dengan keanekaragaman suku, budaya, sosial, agama, dan
adat istiadat dapat memperkaya warna kehidupan bangsa Indonesia yang dilandasi
oleh rasa cinta tanah air dan bangsa, merupakan tinjauan aspek tuntunan tingkah
laku dari aspek....
A. aspek sosial
B. aspek budaya dan adat istiadat
C. aspek hankamnas
D. aspek ekonomi
21. Berdasarkan UUD 1945 pasal 30 ayat 1 dan
2, ada beberapa hal yang perlu dipahami, yaitu, kecuali....
A. keikutsertaan warga negara dalam pertahanan
dan keamanan negara merupakan hak dan kewajiban
B. pertahanan dan keamanan negara menggunakan
sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta
C. kekuatan utama dalam sistem pertahanan
adalah TNI, sedangkan dalam sistem keamanan adalah POLRI
D.
kedudukan rakyat dalam pertahanan dan keamanan sebagai kekuatan inti
22. Hak asasi manusia melekat pada diri
setiapmanusia, tanpa melihat latar belakang kehidupan dan status sosialnya,
merupakan ciri khas dari HAM, yaitu....
A. kodrat
B. hakiki
C. universal
D. tidak dapat dicabut
23. Dalam UUD 1945 Kemerdekaan berserikat dan
berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya
ditetapkan dengan undang-undang terdapat dalam ....
A. pasal 28
B. pasal 29
C. pasal 30
D. pasal 31
24. Dibawah ini merupakan pernyataan tentang
ciri-ciri bahwa pelaksanaan HAM di Indonesia telah dilaksanakan, kecuali....
A. dalam bidang politik berupa kemauan
pemerintah dan masyarakat untuk mengakui pluralisme pendapat dan kepentingan
dalam masyarakat
B. dalam bidang sosial ditandai dengan adanya
perlakuan yang sama dalam hukum antara orang kecil dan priyayi, dan adanya rasa
toleransi dalam masyarakat terhadap perbedaan atau latar belakang agama dan ras
warga negara Indonesia
C. dalam bidang ekonomi dalam negeri, yaitu
dengan tidak adanya monopoli dalam sistem ekonomi yang berlaku
D. dalam bidang pemerintahan, kekuasaan
legislatif lebih diperluas agar dapat menjatuhkan kekuasaan eksekutif
25. Salah satu fungsi Komnas HAM dalam
penyuluhan adalah....
A. menyebarluaskan wawasan mengenai HAM kepada
masyarakat Indonesia
B. studi kepustakaan, studi lapangan, dan
studi banding di negara lain mengenai HAM
C. penerbitan hasil pengakajian dan penelitian
D. pengamatan pelaksanaan HAM dan penyusunan
laporan hasil pengamatan
26. Hukum adalah pikiran atau anggapan orang
tentang adil dan tidak adil mengenai hubungan manusia, merupakan pandangan
dari....
A. Dr. Mr. Kisch
B. Prof Sudiran
C. Grotius
D. Prof Mochtar K
27. Sekumpulan peraturan hidup yang dianggap
sebagai suara hati nurani setiap manusia, merupakan definisi dari norma....
A. kesusilaan
B. kesopanan
C. adat
D. hukum
28. Alat penegak hukum yang diberi wewenang
untuk bertindak sebagai penuntut umum serta melaksanakan keputusan pengadilan
yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap adalah....
A. kepolisian
B. kejaksaan
C. kehakiman
D. penasehat hukum
29. Peradilan yang bertugas dan berwenang
memeriksa perkara-perkara di tingkat pertama antara orang-orang yang beragama
Islam di bidang perkawinan, kewarisan, wasiat, wakaf, shadaqoh, dan hibah
adalah....
A. peradilan agama
B. peradilan militer
C. peradilan tata usaha negara
D. peradilan umum
30. Barang siapa dengan sengaja melukai berat
orang lain diancam karena melakukan penganiayaan berat, dengan pidana penjara
paling lama delapan tahun, merupakan pernyataan dari KUHP pasal ....
A. pasal 354 KUHP ayat 1
B. pasal 362 KUHP
C. pasal 339 KUHP
D. pasal 365 KUHP
31. Demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat,
oleh rakyat, dan untuk rakyat merupakan konsep demokrasi menurut....
A. Hornby
B. Abraham Lincoln
C. Torres
D. Miriam Budiarjo
32. Pendidikan demokrasi adalah upaya
sistematis yang dilakukan negara dan masyarakat untuk menfasilitasi individu
warga negara agar memahami, menghayati, mengamalkan dan mengembangkan konsep,
prinsip dan nilai demokrasi sesuai dengan status perannya dalam masyarakat,
merupakan pandangan dari....
A. Udin S. Winataputra
B. Numan Somantri
C. Gandal dan Finn
D. Thomas Jefferson
33. Paradigma pendidikan demokrasi yang perlu
dikembangkan dalam lingkungan sekolah adalah pendidikan demokrasi yang bersifat
multidimensional atau bersisi jamak. Sifat multidimensionalitasnya tersebut
terletak pada hal-hal berikut, kecuali....
A. pandangannya yang pluralistik uniter
B. sikapnya dalam menempatkan individu,
negara, dan masyarakat global yang harmonis
C. tujuannya yang diarahkan pada semua dimensi
kecerdasan
D. konteks yang menghasilkan pengalaman
belajar yang eksklusif
34. Sesuatu yang merujuk kepada tuntunan
perilaku yang membedakan perbuatan yang baik dan buruk atau dapat diartikan
sebagai kualitas kebaikan yang melekat pada sesuatu, merupakan arti dari....
A. konsep
B. nilai
C. moral
D. norma
35. Yang menjadi WNI adalah orang-orang bangsa
Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang
sebagai warga negara terdapat dalam ....
A. pasal 26 ayat 1 UUD 1945
B. pasal 27 UUD 1945
C. pasal 28 UUD 1945
D. pasal 29 UUD 1945
36. Bela negara dapat terwujud bila dilandasi
oleh adanya tekad, sikap, dan tindakan warga negara yang teratur, menyeluruh,
terpadu dan berlanjut didasarkan oleh, kecuali....
A. kecintaan pada tanah air
B. kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia
C. keyakinan akan kesaktian Pancasila sebagai
ideologi negara, dan kerelaan berkorban
D. kesetiaan terhadap pimpinan, walaupun dalam
keadaan salah atau benar
37. Pernyataan di bawah ini yang bukan
merupakan kekuatan atau keunggulan dari pembelajaran tematik, adalah....
A. pengalaman dan kegiatan belajar relevan
dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan siswa
B. menyenangkan karena bertolak dari minat dan
kebutuhan guru
C. hasil belajar akan bertahan lama karena lebih
berkesan dan bermakna
D. mengembangkan keterampilan berpikir siswa
dengan permasalahannya yang dihadapi
38. Model pembelajaran yang digunakan untuk
mengajarkan tema tertentu yang berkecenderungan dapat disampaikan melalui
beberapa mata pelajaran merupakan model....
A. webbed
B. connected
C. integrated
D. networked
39. Langkah pertama dalam pembelajaran
portofolio menurut Center for Civic Education, adalah....
A. mengidentifikasi masalah yang ada dalam
masyarakat
B. memilih masalah untuk kajian kelas
C. mengumpulkan informasi tentang masalah yang
akan dikaji oleh kelas
D. mengembangkan portofolio kelas
40. Berikut ini merupakan tujuan dari tahap
mengidentifikasi masalah yang ada dalam masyarakat, kecuali....
A. agar siswa menyadari apa yang mereka
ketahui tentang masalah di masyarakat
B. agar mendiskusikan permasalahan ini dengan
orang tua siswa, tetangga, atau anggota masyarakat lain untuk menemukan apa
yang mereka ketahui dan apa yang mereka pikirkan tentang permasalahan ini
C. mengumpulkan informasi yang cukup untuk
memilih masalah yang disepakati oleh mayoritas siswa
D. mengkaji informasi yang telah dikumpulkan
yang dianggap paling penting
41. Pernyataan berikut ini merupakan tujuan
pokok dari kegiatan show case dalam pembelajaran portofolio, kecuali....
A. untuk menginformasikan kepada hadirin
tentang pentingnya masalah yang diidentifikasi di masyarakat
B. untuk menjelaskan dan mengevaluasi
kebijakan alternatif mengatasi masalah sehingga hadirin dapat memahami
keuntungan dan kerugian dari setiap kebijakan tersebut
C. untuk mendiskusikan kebijakan yang dipilih
kelas sebagai kebijakan terbaik untuk mengatasi masalah
D. agar siswa menyadari apa yang mereka
ketahui tentang masalah di masyarakat
42. Berikut ini yang bukan merupakan sikap dan
perbuatan yang harus dilakukan oleh setiap warga negara dalam upaya membina
ketertiban sebagai perwujudan atau manifestasi warga negara yang cerdas,
adalah....
A. menggunakan hak yang dimiliki sesuai dengan
kaidah-kaidah normatif yang berlaku, seperti norma agama, kesusilaan, kesopanan
dan agama
B. menghargai hak dan kewajiban serta
kepentingan orang lain
C. menjunjung tinggi toleransi dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
D. keanekaragaman dalam masyarakat harus
dihapus digantikan dengan kesamaan dalam semua aspek agar tidak timbul konflik
43. Potensi dasar mental manusia yang
merupakan keinginan atau kehendak terhadap sesuatu adalah...
A. Sense of interest
B. Sense of curiosity
C. Sense of reality
D. Sense of inquiry
44. Perasaan yang menghayati tindakan dan
motif orang lain dengan rasa kecurigaan, merupakan sikap....
A. apatisme
B. sinisme
C. alienasi
D. anomie
45. Tanggung jawab bersumber atau lahir atas
penggunaaan fasilitas dalam penerapan kemampuan tiap orang untuk menggunakan
hak atau dan melaksanakan kewajibannya, merupakan pandangan dari.....
A. Purbacaraka
B. Ridwan Halim
C. Plato
D. Aristoteles
46. Perwujudan sikap toleransi dalam kehidupan
beragama, antara lain dapat dimanifestasikan sebagai berikut, kecuali....
A. bergaul atau berinteraksi dengan sesama
warga masyarakat dengan tidak menonjolkan perbedaan agama, keturunan, bahasa,
budaya, ras atau etnik
B. tidak melakukan tindakan yang memprovokasi,
seperti mangadu domba, rasa kedaerahan yang sempit maupun etnosentrisme,
pelecehan ajaran agama tertentu
C. tidak mencampuradukkan ajaran-ajaran agama
yang satu dengan lainnya
D. melakukan kegiatan ritual setiap agama,
agar dapat menghayati setiap agama yang ada di lingkungannya
47. Menurut Jarolimek dan WC Parker bahwa
dalam hubungannya degan proses pembelajaran, penilaian yang dilakukan oleh guru
bertujuan untuk, kecuali....
A. membantu mengklarifikasi tujuan
pembelajaran bagi peserta didik
B. menginformasikan kelebihan dan kekurangan
peserta didik dalam belajar
C. menginformasikan peserta didik bagaimana
meningkatkan proses dan hasil belajarnya
D. sebagai alat bagi guru untuk mengancam
siswa apabila melanggar tata tertib atau melakukan perbuatan yang dianggap guru
tidak baik
48. Penilaian kelas harus mengukur apa yang
seharusnya di ukur dengan menggunakan alat yang dapat dipercaya, tepat, dan
sahih merupakan prinsip....
A. valid
B. mendidik
C. berorientasi pada kompetensi
D. adil dan objektif
49. Model penilaian yang digunakan untuk
mengetahui bagaimana respon atau pendapat siswa terhadap suatu permasalahan
yang berkaitan dengan materi atau pokok bahasan/sub pokok bahasan yang
diajarkan, adalah....
A. model penilaian daftar cocok
B. model penilaian catatan anekdot
C. model penilaian skala bertingkat
D. model penilaian sosiometri
50. Karakter penilaian portofolio dimana
bahan-bahan yang dikembangkan oleh siswa benar-benar nyata dikembangkan dan
disusun oleh siswa, merupakan karakteristik....
A. multi sumber
B. authentic
C. eksplisit
D. integrasi