LAPORAN
KKN PAUD
“MEMBENTUK
PAUD PERCONTOHAN DI KELURAHAN ERETAN WETAN”
Dosen
Pembimbing Lapangan : EVA LATIFA S. Pd AUD
Disusun
Oleh :
UNIVERSITAS
PANCA SAKTI BEKASI
2015
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Analisis Situasi
Kelurahan Sukagalih merupakan
kelurahan yang terletak di kawasan kota, karena terletak di kotamadya
sudah tersedianya fasilitas-fasilitas yang menunjang kebutuhan pokok masyarakat
sehari-hari. Selain itu, lembaga yang bergerak dalam bidang pendidikan pun dapat
dikatakan cukup memadai, walaupun secara kondisi serta media yang menunjang
kegiatan belajar dan mengajar belum merata.
Kelurahan Sukagalih terdiri dari
enam RW yang letaknya berjauhan satu sama lain. Masing-masing RW sudah memiliki
PAUD, kecuali RW 4. Siswa-siswi yang terdapat di masing-masing PAUD tidak hanya
berasal dari kelurahan sukagalih, namun berasal dari beberapa kelurahan yang
terletak di sekitar Kelurahan Sukagalih.
Mengenai pengetahuan masyarakat
mengenai PAUD, ternyata pemahaman dasar dari manfaat berdirinya PAUD tersebut
sudah cukup dimengerti oleh masyarakat. Hal ini sejalan dengan jumlah PAUD yang
cukup memadai di Kelurahan Sukagalih, sehingga keberadaan PAUD di tengah-tengah
masyarakat sudah tidak asing lagi. Namun, masyarakat masih bingung membedakan
antara TK, PAUD, dan KOBER.
Kendala yang sering menjadi batu
sandungan utama adalah permasalahan biaya. Masyarakat lebih memilih
mengikutsertakan anaknya di PAUD yang tidak memberlakukan biaya apapun, tanpa
mempertimbangkan kualitas serta kuantitas PAUD tersebut. Akibatnya, jumlah
siswa di setiap PAUD yang ada tidak merata bahkan ada salah satu PAUD dengan
fasilitas yang cukup memadai hanya memiliki 5 orang siswa karena PAUD tersebut
memungut iuran Rp. 20.000 per bulan.
Selain masalah mengenai minat
masyarakat untuk mengikutsertakan anak-anaknya di PAUD, batu sandungan lainnya
adalah mengenai kurang tepatnya konsep pembelajaran yang diterapkan oleh
pendidik di PAUD yang bersangkutan. Hal yang mendasar mengenai konsep
pembelajaran PAUD seperti bermain sambil belajar, terkadang kurang diterapkan
oleh pengajar di PAUD yang bersangkutan. Pengajar yang terlibat cenderung
menekankan siswa untuk dapat memahami materi, sedangkan unsur bermain yang
menjadi ciri utama PAUD kurang diperhatikan.
Mempertimbangkan hal-hal di atas,
kehadiran mahasiswa dalam rangka KKN di bidang PAUD saat ini, lebih di fokuskan
untuk membangun dan mengembangkan PAUD yang yang dapat dijadikan sebagai PAUD
percontohan. Keberadaan PAUD percontohan ini diharapkan dapat menstimulus
PAUD-PAUD lain untuk terus mengembangkan diri menjadi lembaga pendidikan yang
kondusif dan terbaik bagi anak. Selain itu, kami sangat mengharapkan
program-program yang telah kami laksanakan dapat meningkatkan kualitas baik itu
dari anak, pengajar PAUD, dan orang tua.
1.2 Permasalahan
Kesadaran warga Kelurahan Sukagalih
akan pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini sangat baik, hal ini terlihat dari
sejumlah lembaga pendidikan bagi anak usia dini yang berdiri di sekitar
Kelurahan Sukagalih. Tanggapan masyarakat terhadap keberadaan Pendidikan Anak
Usia Dini sangat baik, karena sebagian besar warga yang memiliki anak usia 1
sampai 6 tahun memasukkan anaknya tersebut ke berbagai lembaga PAUD.
Setelah ditelaah lebih dalam,
ternyata terdapat kesenjangan di antara PAUD-PAUD yang terdapat di Kelurahan
Sukagalih. Kesenjangan tersebut terutama dari keuangan dan jumlah siswa.
Kesenjangan tersebut terlihat dari jumlah siswa yang berbeda dari masing-masing
PAUD, biaya pendidikan, latar belakang pekerjaan orang tua, dan fasilitas PAUD
tersebut. Untuk meminimalisasi dampak dari kesenjangan tersebut, maka program
utama yang diajukan oleh kelompok KKN PAUD Sukagalih yaitu membentuk PAUD
percontohan. PAUD ini diharapkan dapat menjadi model penyelenggaraan pendidikan
usia disini di Kelurahan Sukagalih.
Selain itu masalah yang lainnya
yaitu metode belajar yang diterapkan di setiap sekolahnya. Metode belajar yang
diterapkan tidak disesuaikan dengan tugas perkembangan siswanya. Dimana dalam
hal ini guru masih memaksa muridnya untuk belajar ketika siswa sedang asyik
bermain. Tentu hal ini sangat tidak baik dalam memfasilitasi tumbuh kembang
siswa dalam belajar.
Dari uraian yang telah dijelaskan di
atas, mahasiswa KKN UPII dengan Program Kerja Pendidikan Anak Usia Dini di
Kelurahan Sukagalih ini memfokuskan kegiatan pada ketiga subjek baik orang tua,
pengajar, maupun siswa PAUDnya tersendiri. Adapun program-program tersebut
diantaranya adalah:
- Program untuk orang tua siswa PAUD
Program tersebut dikemas dalam
bentuk “Parents Talk” dimana kegiatan ini mewadahi para orang tua yang
ingin mendiskusikan masalah-masalah yang berhubungan dengan PAUD. Acara ini
diadakan satu minggu sekali.
- Program untuk pengajar PAUD
Program ini dikemas dalam bentuk
kegiatan talkshow. Selain melibatkan pengajar PAUD, kegiatan ini pun dihadiri
oleh kader-kader PKK se-kelurahan Sukagalih. Kami pun turut serta dalam
pengembangan sarana dan prasarana salah satu PAUD yang akan kami jadikan
sebagai PAUD percontohan.
- Program untuk siswa PAUD
Program ini dikemas dalam bentuk
kegiatan pengajaran yang dilakukan oleh semua anggota KKN PAUD Sukagalih dan
kegiatan BTQ (Baca Tulis Qur’an) yang diadakan di bulan Ramadhan.
1.3 Tujuan
Adapun tujuan umum dari kegiatan KKN
UPI berbasis PAUD yaitu:
1)
Mensosialisasikan program PAUD
2)
Mapping dan pemetaan anak usia dini
3)
Mengidentifikasi masalah dan kendala sebagai faktor penyebab utama dalam
berjalannya proses belajar mengajar di PAUD
4)
Menganalisis hasil mapping dan pemetaan serta mengidentifikasi sebagai dasar
untuk menentukan jenis program yang sesuai
5)
Meningkatkan dan memotivasi kesadaran masyarakat dan institusi terkait akan
pentingnya program PAUD
6)
Meningkatkan kualitas dan kuantitas program PAUD yang diselenggarakan oleh
lembaga yang ada di lokasi KKN
7)
Terselenggaranya kegiatan pembelajaran PAUD dan evaluasi hasil pembelajaran
8)
Mengisi program PAUD yang sudah ada pada lembaga penyelenggara PAUD
Sedangkan tujuan khusus kegiatan
Kuliah Kerja Nyata (KKN) berbasis PAUD di Kelurahan Sukagalih Kecamatan
Sukajadi Kota Bandung, yaitu :
1)
Sosialisasi pentingnya program pembelajaran di PAUD Kelurahan Sukagalih
2)
Mengembangkan salah satu PAUD yang telah ada dan menjadikan PAUD tersebut
sebagai PAUD percontohan
3)
Meningkatkan dan memotivasi kesadaran masyarakat akan pentingnya PAUD
1.4 Target
Adapun yang menjadi target dari
program KKN UPI yaitu masyarakat Kelurahan Sukagalih Kecamatan Sukajadi.
1.5 Lokasi KKN
Adapun lokasi KKN yaitu di Kelurahan
Eretan wetan Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu
1.6 Mahasiswa dan Dosen Pembimbing
KKN
Mahasiswa yang mengikuti KKN PANCA
SAKTI S1 Program PAUD di Kelurahan Eretan wetan Kecamatan Kandanghaur:
1)
Adhi Rizal/0804327/Pend. Ilmu komputer/FPMIPA
2)
Arif Sumardiono/0809164/Pend. Teknik Elektro/FPTK
3)
Dini Utami M./0807348/Pend. Bahasa Inggris/FPBS
4)
Farah Nur Annisa/0805290/Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia/FPBS
5)
Farhan Reza Paz/0800506/Pend. Seni Musik/FPBS
6)
Fikri Rasyid/0801188/Pend. Bahasa Inggris/FPBS
7) Iis
Febby Anzeline/0804668/PGPAUD/FPIP
8) Nia
Rusydiana/0807064/Pend. Manajemen Bisnis/FPEB
9)
Rizkiya Fauziyah/0805519/PGSD/FPIP
10) Tresna
Hendrayani/0802738/PGPAUD/FPIP
11) Wati Susanti/0809107/Pend.
Biologi/FPMIPA
Dosen Pembimbing Lapangan :EVA LATIFA. S.Pd AUD
BAB
II
PERENCANAAN,
PELAKSANAAN, DAN HASIL PROGRAM KKN PAUD
2.1 Perencanaan Program
2.1.1 Sosialisasi
Program KKN
Sebelum dilaksanakan
kegiatan-kegiatan inti, diadakan sosialisasi terlebih dahulu dengan aparat
Desa, ketua RW, dan tokoh Masyarakat. Hal ini bertujuan untuk menjelaskan
maksud kedatangan mahasiswa KKN PANCA SAKTI ke Desa tersebut. Sosialisasi dimulai
pada hari Kamis tanggal 11 Juni 2015 dengan mendatangi balai Kelurahan Eretan
Wetan untuk menginformasikan bahwa Desa tersebut adalah salah satu Desa yang
dijadikan tempat KKN oleh UniversitasPanca Sakti Bekasi. Salah satu kelompok
yang ditempatkan di Desa tersebut adalah kelompok KKN yang membawa program
“Berbasis PAUD” dan menempatkan diri di Rumah bapak Deden yang merupakan
salah satu tokoh masyarakat yang cukup berpengaruh di Kelurahan Sukagalih.
Selain itu, sosialisasi pun dilakukan terhadap pengelola salah satu PAUD yang
terdapat di Kelurahan Sukajadi.
2.1.2 Pendataan dan
Identifikasi Potensi, Permasalahan Serta Kebutuhan
Kelurahan Sukagalih berada di pusat
kota dengan tingkat kebutuhan masyarakat yang tinggi. Di Kelurahan Sukagalih
ini banyak berdiri sarana dan prasarana umum yang mendukung seperti kantor desa,
taman kota, kantor polisi, pasar, mini market, bank, masjid besar dan lainnya
yang mendukung aktivitas masyarakat.
Di Kelurahan Sukagalih pula banyak
berdiri sarana pendidikan seperti PAUD, TK, SD, SMP, SMA dan SMK. Sehingga
tingkat pendidikan masyarakatnya lebih tinggi dibandingkan dengan desa lainnya.
Kelurahan Sukagalih sudah memiliki 7
PAUD, yaitu :
1)
PAUD Kuntum Mekar
2)
PAUD Anakku
3)
PAUD Pelangi
4)
PAUD Nur Ikhlas
5)
PAUD Nurkamala
6)
PAUD Sukmawati
7)
PAUD Bintang Ceria
8)
PAUD Tunas Mandiri
Kedelapan PAUD tersebut hampir
semuanya sudah terdaftar di HIMPAUDI (Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini
Indonesia), kecuali PAUD Bintang Ceria dan PAUD Tunas Mandiri.
Sasaran objek
Karena salah satu fokus program KKN
PAUD Sukagalih adalah mengembangkan salah satu PAUD dan menjadikannya PAUD
percontohan di Kelurahan Sukagalih, maka kami memilih salah satu PAUD yang ada
disana. PAUD yang terpilih adalah PAUD Sukmawati yang berada di bawah
pengelolaan ibu Tini. Selain itu, kelompok KKN PAUD Sukagalih pun ikut membantu
salah satu PAUD yang kekeurangan tenaga pengajar yaitu PAUD Pelangi.
Sasaran subjek
Adapun sasaran subjek dalam program
KKN ini yaitu masyarakat pemukiman daerah Babakan Jeruk 2 yang terletak di RW
06.
Sasaran program
Sasaran program dalam kegiatan
KKN ini adalah untuk meningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya
Pendidikan Usia Dini dengan melaksanakan berbagai program yaitu, sosialisasi
program PAUD, pendataan PAUD se-kelurahan Sukagalih,Parents talk untuk
mewadahi orang tua siswa-siswi PAUD yang ingin mendiskusikan masalah-masalah
mengenai PAUD, pengajaran tambahan kepada siswa-siswi PAUD, kegiatan BTQ di
bulan Ramadhan, Talkshow untuk pengajar dan kader PKK, serta workshop yang
diadakan oleh kelompok KKN PAUD se-kecamatan Sukajadi.
Lembaga pendukung yang ada
- a. Kelurahan
Berbagai program yang hendak
dilakukan tentu tidak lepas dari koordinasi dengan Desa. Hal-hal seperti
perijinan untuk partisipasi di PAUD, undangan ke PAUD untuk mengikuti kegiatan
parents Talk dan Talkshow, serta data-datanya penting lainnya kami dapatkan
dari pihak Desa. Selain itu, perihal menyambut HUT RI ke-66 menjadi program
kami bersama Desa. Berbagai rangkaian acara dari 15-19 Agustus, kami coba
laksanakan dengan Desa agar HUT RI ke-66 ini semakin semarak.
- b. Kecamatan
Koordinasi kami dengan kecamatan
dapat dikatakan kurang rutin, hal ini berdasarkan pertimbangan kepentingan
program kerja yang kami lakukan. Namun, walaupun koordinasi dengan kecamatan
kurang rutin, peran kecamatan tetaplah menjadi bagian penting bagi
keberlangsungan program kami. Hal-hal yang kami koordinasikan dengan kecamatan
adalah seputar perizinan untuk melakukan KKN di wilayah Kecamatan Sukajadi,
lokasi spesifiknya di Kelurahan Sukagalih.
- c. PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat)
Lembaga PKBM ini merupakan bagian
yang penting dari keberlangsungan program kerja kami selama KKN.
Informasi-informasi seputar PAUD kami dapatkan di PKBM.
- d. PKK (Program Kesejahteraan Keluarga)
PKK memiliki andil yang cukup besar
dalam berjalannya program-program yang dilaksanakan oleh kelompok KKN PAUD UPI
Sukagalih. PKK berperan sebagai perantara kami dengan PAUD. Selain itu,
kader-kader PKK pun menjadi partisipan dalam acara Talkshow yang kami adakan.
2.1.3 Penyusunan perencanaan dan
langkah-langkah kegiatan:
Jadwal kegiatan bulan Juli-Agustus :
Tanggal
|
Agenda
kegiatan
|
01s.d06-07-11
|
Kumpul Kelompok KKN Kelurahan
Sukagalih
|
03-07-11
|
Survey Tempat KKN
|
07-07-11
|
Diklat Ketua Kelompok
|
10-07-11
|
Koordinasi dengan Desa dan PKBM
(Pengumpulan Data)
|
11-07-11
|
Pengumpulan Barang dan Penentuan
Tempat Tinggal
|
11-07-11
|
Breafing untuk Pemberangkatan ke Kelurahan Sukagalih
|
12-07-11
|
Pemberangkatan ( pelepasan
dilakukan oleh dosen pembimbing KKN dari kampus UPI menuju Kelurahan
Sukagalih) dan Penerimaan KKN UPI di Pemerintahan Kota Bandung
|
13-07-11
|
Kunjungan ke kelurahan Sukagalih
dan pengelola salah satu PAUD disana.
|
13-07-11 sd 15-07-11
|
Pendataan dan observasi ke seluruh
PAUD yang ada di kelurahan Sukagalih
|
18-07-11 sd 15-08-11
|
Pelaksanaan program pengajaran ke
dua PAUD yaitu PAUD Sukmawati dan PAUD pelangi. Peran mahasiswa KKN PAUD
adalah menjadi asisten pengajar
|
25-07-11
|
Pelaksanaan program Parents
Talk season 1 dengan tema “Pentingnya Pendidikan Sejak Dini”. Sasaran
dari kegiatan ini adalah orang tua siswa-siswi PAUD Sukmawati
|
27-07-11
|
Pelaksanaan Talkshow dengan tema
“Sudah Sesuaikan Cara Kita Mendidik Anak”. Sasaran dari kegiatan ini adalah
pengajar PAUD dan kader-kader PKK se kelurahan Sukagalih
|
29-07-11
|
Penyebaran undangan Talkshow ke
seluruh kader PKK dan pengajar PAUD di kelurahan Sukagalih. Masih di hari
yang sama, kami menghadiri acara munggahan yang diselenggarakan oleh PAUD
Sukmawati. Acara ini diikuti oleh seluruh pengajar PAUD Sukmawati, oranr tua
siswa, siswa-siswi PAUD Sukmawati, dan anggota kelompok KKN PAUD Sukagalih
|
8-08-11 s/d 15-08-11
|
Pelaksanaan program BTQ (Baca
Tulis Qur’an) di Mesjid Nurul Mu’minin. Sasaran program ini adalah seluruh
anak di sekitar RW 06 Kelurahan Sukagalih
|
9-08-11
|
Pelaksanaan Parents Talk season
2 dengan tema “Kiat-Kiat Mengajak Anak Berpuasa”
|
10-08-11
|
Menjadi juri pada perlombaan
mewarnai dan menggambar tingkat RW di RW 06
|
15-08-11
|
Pelaksanaan Parents Talk season
3 dengan tema “Mengenal Gaya Belajar Anak”
|
18-08-11
|
Pelaksanaan program KKN kecamatan
Sukajadi yaitu Workshop mengenai “Peningkatan Pembelajaran Di PAUD” Program
ini pun dilaksanakan sekaligus sepaya acara penutupan program KKN secara
formal
|
Deskripsi langkah-langkah kegiatan
yang dilakukan:
Minggu pertama:
Minggu pertama di Kelurahan
Sukagalih diagendakan untuk kegiatan silaturahim dan sosialisasi kegiatan
kepada masyarakat setempat mengenai program-program KKN yang akan dilaksanakan.
Kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai seberapa jauh
pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya pendidikan untuk anak usia dini.
Diharapkan informasi-informasi yang diperoleh dari masyarakat dapat
membantu kelancaran program KKN.
Selain sosialisasi kepada
masyarakat, dilakukan juga sosialisasi kepada PAUD-PAUD yang ada di Kelurahan
Sukagalih. Adapun bentuk sosialisasi yang dilakukan yaitu dengan cara observasi
menggunakan angket yang telah kami persiapkan sebelumnya.
Setelah kegiatan sosialisai selesai
dilakukan, tahap selanjutnya yaitu mendiskusikan PAUD mana yang akan dipilih
menjadi PAUD yang akan dikembangkan menjadi PAUD percontohan di kelurahan
Sukagalih. Setelah didiskusikan, PAUD yang terpilih yaitu PAUD Sukmawati yang
berada di RW 06 dengan pengelola yaitu Ibu Tini Setiawati. Diputuskan pula
bahwa kelompok KKN PAUD Sukagalih akan turut aktif menjadi pengajar di kedua
PAUD yaitu PAUD Sukamawati dan PAUD Pelangi.
Minggu kedua:
Minggu kedua dimulai dengan program pengajaran
oleh anggota-anggota kelompok KKN PAUD Sukagalih di PAUD Sukmawati dan PAUD
Pelangi. Selain itu, kami mulai menghubungi ketua PKK dan POKJA untuk
mendiskusikan pertemuan dengan kader-kader PKK se-kelurahan Sukagalih.
Pertemuan ini berupa kegiatan talkshow yang ditujukan untuk membangun kesadaran
para orang tua (diwakili oleh kader-kader PKK dan pengajar PAUD) dalam mendidik
anak agar disesuaikan dengan tahap perkembangan dan gaya belajar anak.
Minggu ketiga:
Program yang dilaksanakan pada
minggu ketiga yaitu Parents Talk season 1 dengan tema “Pentingnya
Pendidikan Sejak Dini”. Program ini ditujukan kepada para orang tua siswa PAUD
Sukmawati. Adapun latar belakang diangkatnya tema berupa pentinya pendidikan
sejak usia dini karena masih terbatasnya pengetahuan para orang tua siswa
mengenai PAUD. Masih banyak orang tua yang menganggap bahwa PAUD dan TK
merupakan dua institusi berbeda yang tidak tidak berhubungan.
Di minggu ketiga ini, program
pengajaran ke PAUD Sukmawati dan PAUD Pelangi masih berlangsung. Kami pun mulai
mengagendakan rapat persiapan pelaksanaan program Talkshow. Rapat tersebut di
antaranya untuk mendiskusikan tema yang akan diangkat di dalam talkshow,
cakupan peserta, pemateri, tempat, serta kebutuhan logistik.
Di akhir pekan ketiga, kami mulai
menyebarkan undangan Talkshow ke seluruh kader-kader PKK dan pengajar PAUD di
Kelurahan Sukagalih. Dan kami pun diundang untuk menghadiri acara munggahan
bersama para pengajar PAUD Sukmawati, orang tua, serta siswa-siswi PAUD
Sukmawati.
Minggu keempat:
Dalam rangka menyambut bulan bulan
Ramadhan, kami (dengan kesepakatan pengelola PAUD Sukmawati dan PAUD Pelangi)
kami meliburkan kegiatan pengajaran hingga akhir pekan keempat. Selama pekan
ini, kami mempersiapkan acara Talkshow. Talkshow tersebut dilaksanakan pada
hari jum’at, 5 Agustus 2011 dengan tema Sudah Sesuaikah Cara Kita Mendidik
Anak?. Kami menghadirkan pemateri dari UPI. Acara ini diikuti oleh
kader-kader PKK dan pengajar PAUD di Kelurahan Sukagalih.
Setelah Talkshow selesai
dilaksanakan, kami menghadiri undangan rapat dari dosen pembimbing lapangan KKN
PAUD Kelurahan Sukagalih di gedung Pasca Sarjana lama. Adapun hal-hal yang
didiskusikan di dalam rapat tersebut di antaranya adalah program-program yang
telah dilaksanakan, pencapaian program secara garis besar, serta membicarakan
program akbar yang akan dilaksanakan di akhir KKN oleh seluruh kelompok KKN
PAUD Sukajadi.
Minggu kelima:
Pada minggu kelima, kegiatan
pembelajaran di PAUD Sukmawati dan PAUD Pelangi sudah diaktifkan kembali. Program
pengajaran ke kedua PAUD tersebut berlangsung kembali.
Pada pekan ini, kami memfokuskan
pada kegiatan Ramadhan yaitu BTQ (baca Tulis Qur’an). Program ini dilaksanakan
setiap hari pada pukul 17.00 WIB sampai dengan waktu berbuka tiba. Acara ini
diisi oleh kegiatan membaca dan menulis Al-Qur’an, membaca Shalawat Nabi, serta
story telling kisah-kisah Nabi. Program BTQ ini diikuti oleh anak-anak
mulai usia PAUD sampai kelas 3 SMP dengan tingkat kemampuan membaca Al-Qur’an
mulai dari Iqra sampai Al-Qur’an.
Pada pekan ini pula, acara Parents
Talk season 2 diadakan. Parents talk season 2 mengangkat tema “Kiat-kiat
Mengajak Anak Berpuasa”. Sama halnya dengan Parents talk season 1, Parents Talk
season 2 dihadiri oleh orang tua siswa PAUD Sukmawati dan diadakan di aula
Kelurahan Sukagalih.
Minggu keenam:
Di akhir pekan KKN, mengakhiri
program pengajaran ke PAUD sekaligus mengadakan acara perpisahan dengan kedua
PAUD tersebut. Selain itu, kami masih mengadakan acara Parents Talks season
3 dengan tema “Mengenal Gaya Belajar Anak”. Kami pun mulai memfokuskan
untuk menyusun laporan KKN.
2.2 Pelaksanaan Program KKN
Paud
2.2.1 Profil lokasi KKN
Kelurahan Sukagalih Kecamatan
Sukajadi merupakan salah satu bagian wilayah Kota Bandung dengan luas lahan
sebesar 131 Ha. Secara administratif, Kelurahan Sukagalih dibatasi oleh:
- Bagian selatan :
Kelurahan Pajajaran/ Cicendo
- Bagian
utara : Kelurahan
Sukarasa/Sukasari
- Bagian timur
: Kelurahan Sukabungah/ Cipedes
- Bagian
barat : Kelurahan
Sukawarna
Secara geografis, Kelurahan
Sukagalih Kecamatan Sukajadi memiliki bentuk wilayah datar/ berombak sebesar
75% dari total keseluruhan luas wilayah. Ditinjau dari sudut ketinggian tanah,
Kelurahan Sukagalih berada pada ketinggian 700 m di atas permukaan laut. Suhu
maksimum dan minimum di Kelurahan Sukagalih berkisar 21-320C,
sedangkan dilihat dari segi hujan berkisar 4000 mm/ tahun dan jumlah hari
dengan curah hujan terbanyak sebesar 45 hari.
Instansi pemerintahan yang berada di
wilayah kelurahan Sukagalih terdiri dari instansi vertical, instansi BUMN/BUMD
(PT ASKES Persrero Provinsi Jawa Barat dan BRI), serta instansi otonom (Kantor
Kecamatan Sukajadi dan Kantor Kelurahan Sukagalih).
Dalam menjalankan roda pemerintahan,
Kelurahan Sukagalih dibagi dalam jumlah RT dan RW sebagai berikut:
No
|
RW
|
Jumlah
RT
|
1
|
RW
1
|
6
|
2
|
RW
2
|
7
|
3
|
RW
3
|
7
|
4
|
RW
4
|
5
|
5
|
RW
5
|
6
|
6
|
RW
6
|
6
|
Perangkat Kelurahan Sukagalih
terdiri dari:
1)
Lurah
2)
Sekretaris lurah
3)
Kepala seksi pemerintahan
4)
Kepala seksi ekbang dan LH
5)
Kepala seksi kemasyarakatan dan pendidikan
6)
Kepala seksi pelayanan
7)
Pelaksana
Jumlah penduduk pada bulan Desember
2010 Kelurahan Sukagalih sebanyak 16.533 jiwa yang terdiri dari 8.370 jiwa
laki-laki dan 8.163 jiwa perempuan, dengan jumlah kepala keluarga sekitar
3.322. dilihat dari segi kepadatan penduduk sebesar 1.262 jiwa/ km.
Jumlah penduduk berdasarkan struktur
umur:
No
|
Umur
|
Jumlah
|
L
|
P
|
Jumlah
|
1
|
0-5
tahun
|
650
|
656
|
1.306
|
2
|
6-9
tahun
|
735
|
660
|
1.395
|
3
|
10-15
tahun
|
737
|
761
|
1.498
|
4
|
16-19
tahun
|
726
|
666
|
1.592
|
5
|
20-24
tahun
|
597
|
523
|
1.120
|
6
|
25-29
tahun
|
570
|
644
|
1.214
|
7
|
30-34
tahun
|
582
|
548
|
1.130
|
8
|
35-39
tahun
|
751
|
705
|
1.420
|
9
|
40-44
tahun
|
549
|
524
|
1.073
|
10
|
45-49
tahun
|
627
|
474
|
1.101
|
11
|
50-54
tahun
|
539
|
492
|
1.031
|
12
|
55-59
tahun
|
473
|
538
|
1.011
|
13
|
60-64
tahun
|
541
|
542
|
1.083
|
14
|
65
tahun ke atas
|
412
|
505
|
917
|
Jumlah
|
8.453
|
8.238
|
16.691
|
Jumlah penduduk Kelurahan Sukagalih
berdasarkan agama adalah sebagai berikut:
No
|
Agama
|
Jumlah
|
1
|
Islam
|
14.751
|
2
|
Kristen
protestan
|
1.495
|
3
|
Kristen
katolik
|
342
|
4
|
Hindu
|
53
|
5
|
Budha
|
50
|
Jumlah
|
16.691
|
Jumlah sarana dan prasarana
pendidikan adalah sebagai berikut:
No
|
Sekolah
|
jumlah
|
Bangunan
fisik
|
Murid/
Mahasiswa
|
Guru/
Dosen
|
1
|
TK
|
3
|
120
|
9
|
2
|
SD
|
4
|
2.160
|
72
|
3
|
SLTP
|
–
|
–
|
–
|
4
|
SMA
|
1
|
300
|
18
|
5
|
PT
|
–
|
–
|
–
|
6
|
Lembaga
Pendidikan
|
2
|
35
|
6
|
7
|
Kursus
|
2
|
46
|
9
|
Jumlah sarana dan prasarana
kesehatan adalah sebagai berikut:
No
|
Prasarana
|
Jumlah
|
1
|
Rumah sakit
|
–
|
2
|
Rumah bersalin
|
2
|
3
|
Dokter umum
|
5
|
4
|
Dokter anak
|
1
|
5
|
Doketr kandungan
|
1
|
6
|
Dokter gigi
|
1
|
7
|
Dokter spesialis
|
2
|
8
|
Dokter hewan
|
–
|
9
|
Puskesmas
|
–
|
10
|
Balai pengobatan
|
1
|
11
|
Apotek
|
3
|
12
|
Toko obat
|
–
|
13
|
Posyandu
|
14
|
2.2.2 Profil sasaran KKN
Rukun warga (RW) 06 terletak di
jalan Babakan Jeruk II Kelurahan Sukagalih kecamatan Sukajadi kabupaten Kota Bandung.
Di RW 06 ini kami tinggal di rumah bapak Deden.
Profil PAUDQ-TKQ Nur Ikhlas
1)
Identitas PAUD
–
Nama TK/PAUD : Nur Ikhlas
–
Alamat lengkap : Jln. Cipedes Tengah Rt o2/ Rw 03, No
37 Kel. Sukagalih Kec. Sukajadi, Bandung 40163
–
No
Telp
: 087 820 026 708
–
Pengelola
: Ibu Ade
2)
Latar belakang sekolah
Hal yang melatarbelakangi pendirian
PAUD tersebut karena mayoritas masyarakat tersebut berasal dari kalangan menengah
ke bawah dan para orang tua mempunyai anak kecil yang seharusnya sekolah. Namun
karena keterbatasan biaya, banyak anak kecil yang tidak dapat sekolah. Maka
pengelola PAUD tersebut berinisiatif untuk membentuk PAUD yang berbiaya murah.
3)
Pengelolaan tenaga kependidikan
Terdapat dua tenaga pendidik yang
terdapat di PAUD tersebut. Tenaga pendidik tersebut disesuaikan dengan tingkat
usia anak. Pengelola PAUD tersebut secara intensif melakukan
penataran-penataran yang dilakukan oleh dinas pendidikan. Selain itu, PAUD
tersebut sudah mendapatkan pengesahan DPAG.
4)
Manajemen peserta didik
Secara teknis, tidak ada syarat
khusus untuk menjadi siswa di PAUD tersebut. Ada tiga kelas dan masing-masing
kelas terdiri dari 10 anak.
Untuk penempatan sendiri, kelas satu
usia 2-4 tahun masuk jam 09.00-10.00 WIB, usia 5-6 tahun (akan masuk ke SD)
masuk jam 08.00-09.00 WIB dan sekolah lanjutan bagi siswa yang sudah masuk SD
yaitu jam 10.00-11.00 WIB
Biaya yang dipungut dari orang tua
bersifat sukarela.
5) Proses
pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan
Perencanaan dilakukan secara
mandiri, tetapi pengelola terkadang mendapat dari bantuan dari masyarakat.
Pengadaan sarana dan prasarana dibantu oleh kelurahan melalui RT setempat.
Pencatatan kondisi barang dan pemeliahraan bersifat kondisional. Penataan serta
penggunaan sarana dan prasarana sudah efektif dan cukup rapi.
6)
Hubungan PAUD dengan orang tua dan masyarakat
Orang tua yang mengantarkan
anak-anaknya diperbolehkan untuk menunggu di luar kelas. Masyarakat sekitar
sering berpartisipasi dalam berbagai acara yang diadakan oleh PAUD.
7)
Latar belakang sosial ekonomi peserta didik
Orang tua siswa berasal dari
kalangan menengah ke bawah. Namun, terdapat beberapa orang tua mampu yang
memberikan bantuan bulanan tanpa permintaan dari PAUD.
8)
Deskripsi tentang metode dan pendekatan pembelajaran yang biasa digunakan di
PAUD
Metode pembelajaran yang digunakan
disesuaikan dengan emosi anak dan materi pembelajarannya lebih diutamakan untuk
aplikasi kegiatan sehari-hari anak.
Profil PAUD dan Kober Nurkamala
1)
Identitas PAUD
–
Nama TK/PAUD : Nurkamala
–
Alamat lengkap : Jln. Cipedes Tengah No 42-B-133 Rt 02/
Rw 05 Kelurahan Sukagalih, Kecamatan Sukajadi, Bandung
–
No Telp
: 2031098
–
Pengelola
: Elis Siti Fatimah, S.Pd
2)
Latar belakang sekolah
PAUD Nurkamala berdiri pada tahun
2006 atas prakarsa Ibu Elis yang awalnya adalah guru sekolah dasar. Beliau
langsung ke dinas pendidikan untuk meminta izin pendirian PAUD.
3)
Pengelolaan tenaga kependidikan
Terdapat tiga guru yang terdiri dari
1 guru inti dan dua guru pembantu. Guru-guru tersebut diorientasikan untuk
mengajar calistung, dll. Biasanya sebelum mengajar, para guru melakukan uji
coba dan pelatihan selama satu bulan. Materi pelatihan biasanya disampaikan
oleh Ibu Elis sendiri dan dinas pendidikan. Tidak ada sistem guru kontrak di
PAUD tersebut dan guru yang melanggar peraturan biasanya diberikan sanksi.
4) Manajemen
peserta didik
Terdapat tiga kelas yang terdapat
pada PAUD tersebut, yaitu kelas A (3-4 tahun), kelas B (4-6 tahun), dan kelas
yang akan masuk ke SD. Masing-masing kelas dihuni maksimal 20 anak. Namun, saat
ini kelas tersebut dihuni oleh 24 anak.
Tidak ada tes khusus bagi
siswa-siswi yang akan masuk ke SD tersebut. Biaya perbulan sebesar Rp.
200.000,- dan dapat dicicil perhari. Sedangkan biaya masuk sebesar
Rp.250.000,-. Setiap siswa yang sudah menyelesaikan masa pendidikan pasti
dijamin lulus,
5)
Proses pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan
Perencaan dan penghapusan sarana dan
prasarana yang rusak dilakukan sambil berjalan. Pengadaan sarana dan prasarana
biasanya memanggil tukang. Inventaris dilakukan setiap pembelajaran berakhir.
Penyimpanan barang pada tempatnya dan pemeliharaan dilakukan perminggu.
6)
Hubungan sekolah dengan orang tua siswa dan masyarakat
PAUD Nurkamala mengadakan rapat
dengan orang tua sebulan sekali. Setiap minggunya sellau diadakan pelatihan
untuk ibu-ibu. Untuk mengadakan program-program tersebut PAUD Nurkamala bekerja
sama dengan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat).
7)
Latar belakang sosial ekonomi peserta didik
Orang tua rata-rata berasal dari
kalangan keluarga mampu
8)
Deskripsi tentang metode dan pendekatan pembelajaran yang biasa digunakan
di TK/PAUD
Metode dan pendekatan pembelajaran
biasanya disesuaikan dengan tema
Profil PAUD Tunas Mandiri
1)
Identitas PAUD
–
Nama PAUD : Tunas Mandiri
–
Alamat lengkap :Jl.Sukamulya No.05.RT.04 Rw 05
Kel.Sukagalih Kec.Sukajadi
–
No
Telp
: 081573471487
–
Pengelola
: Ibu Heni Wiherce
2)
Latar Belakang Sekolah
PAUD Tunas Mandiri berdiri pada
tahun 1998. PAUD Tunas Mandiri didirikan oleh Yayasan Bakti Mandiri yang
dikepalai oleh Sakinem Mar’yam dan sudah mendapatkan ijin Dinas Pendidikan No.
6055/1.02.11/Ds/1998.
3)
Pengelolaan Tenaga Kependidikan
Terdapat tiga guru yang mengajar di
PAUD Tunas Mandiri yang terdiri dari dua guru dan satu kepala sekolah yang
merangkap juga sebagai pengajar. Guru-guru tersebut diorientasikan untuk
mengajar calistung, moral dan agama, sikap sosial serta pengenalan lingkungan
sekitar. Guru-guru yang mengajar di Paud Tunas Mandiri memiliki latar belakang
pendidikan D2YOrientasi tenaga pengajar di PAUD Tunas Mandiri Guru-guru
tersebut diorientasikan untuk mengajar calistung, dll. Biasanya sebelum
mengajar, para guru melakukan uji coba dan pelatihan selama satu bulan. Materi
pelatihan biasanya disampaikan oleh Ibu Elis sendiri dan dinas pendidikan.
Tidak ada sistem guru kontrak di PAUD tersebut dan guru yang melanggar
peraturan biasanya diberikan sanksi.
Terdapat dua orang guru, 14 siswa
kelompok bermain, dan 3 siswa PAUD. Guru-guru tersebut
4)
Manajemen peserta didik
Terdapat dua kelas, yaitu kelas TK
(4-5 tahun) dan KoBer (3-4 tahun). Penempatan siswa-siswi tersebut berdasarkan
usia anak. Biaya untuk pendaftaran dan DSP gratis. Pihak sekolah hanya menuntut
biaya untuk seragam saja. Semua anak yang telah menyelesaikan masa sekolah
dianggap lulus.
5)
Proses pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan
Jika ada barang yang rusak atau
hilang maka akan dibicarakan dan diganti dengan yayasan. Pengadaan
barang-barang menggunakan dana sendiri dan dana bantuan dari pihak lain.
Terdapat buku catatan untuk barang-barang inventaris PAUD. Pemeliharaan
barang-barang dilakukan tiap hari. Penyimpanan disesuaikan dengan kebutuhan dan
disatu ruangkan dengan ruangan kelas.
6)
Hubungan sekolah dengan orang tua dan masyarakat
Sejauh ini pihak sekolah seringkali
melakukan diskusi dengan orang tua agar sejalan. Dan masyarakat sekitar
mendukung penuh semua kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh PAUD tersebut.
7)
Latar belakang sosial ekonomi peserta didik
Rata-rata berasal dari kalangan
menengah ke bawah
8)
Deskripsi tentang metode dan pendekatan pembelajaran yang biasa digunakan di
PAUD
–
Klasikal untuk pertemuan pagi
–
Jika sudah memasuki kegiatan inti kelas akan dibagi ke dalam beberapa kelompok
–
Disesuaikan dengan materi dan keinginan anak
Profil PAUD Sukmawati
1)
Identitas PAUD
–
Nama TK/PAUD : Sukamawati
–
Alamat lengkap : Jln Babakan Jeruk II No 35 Kelurahan
Sukagalih, Kecamatan Sukajadi, Bandung
–
No
telp
:2007124/081802162320
–
Pengelola
: Ibu Tini Setiawati
2)
Latar belakang sekolah
Beradasarkan hasil pemgumpulan data
dari para kader posyandu, terdapat 3400 anak balita yang memerlukan bimbingan
pengarahan dan sarana bermain. Dari jumlah tersebut, 50% berasal dari golongan
masyarakat kurang beruntung dalam hal ekonomi. Akan tetapi mereka memiliki
semangat dan keinginan untuk belajar. Bahkan tidak jarang selama ini adanya
tuntutan masyarakat agar anaknya dapat membaca, menulis, dan berhitung. Karena
mereka kawatir dan takut tidak mampu menyekolahkan anak mereka ke jenjang
pendidikan selanjutnya yang disebabkan oleh keterbatasan ekonomi.
Visi PAUD Sukmawati sangatlah mulia,
yaitu mengajak masyarakat golongan kurang beruntung akan tetapi mereka memiliki
semangat tinggi untuk belajar.
3)
Pengelolaan tenaga kependidikan
Perbandingan antara guru dan siswa
yaitu 1:10. Saat ini terdapat 45 anak dan 4 orang guru (3 perempuan dan satu laki-laki).
Adapun kualifikasi guru tersebut ada yang lulusan PGTK, S1, dan D1. Guru yang
akan mengajar dapat langsung mengajar, namun tidak menjadi guru inti (menjadi
guru pembantu/ helper). Penilaian terhadap para guru dilihat dari beberapa
aspek, yaitu keterampilan, cara pendekatan terhadap siswa, kecakapan mengajar,
wawasan, serta sosialiasi baik terhadap siswa maupun terhadap sesama guru. Para
guru biasa mendapatkan pelatihan dan penyuluhan baik dari Dinas Pendidikan.
Sebagian besar guru aktif mengikuti berbagai seminar dan workshop. Pemberhenian
guru bersifat kondisional.
4)
Manajemen peserta didik
Masing-masing kelas dihuni oleh 25
anak. Recruitment peserta didik berdasarkan usia. Biaya yang dikeluarkan oleh
siswa yaitu Rp. 250.000,- pada saat masuk sekolah. Biaya tersebut mencakup
biaya pendaftaran, SPP bulan pertama, serta tiga pakaian seragam. Biaya SPP
perbulan sendiri sebesar Rp. 20.000,-. Seluruh siswa yang telah menyelesaikan
masa pendidikan dianggap lulus.
5)
Proses pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan
Pengelola PAUD selalu melakukan
perencanaan mengenai penyediaan dan pengecekan inventaris setiap tahun ajaran
baru dimulai. Biasanya Dinas Pendidikan memberikan dana bantuan kepada
masing-masing PAUD secara bergiliran. Biasanya dana tersebut digunakan untuk
membeli barang-barang yang hilang dan rusak.
Setiap selesai dipakai, para siswa
mengembalikan alat-alat permainan kepada tempatnya dengan dibimbing oleh para
guru. Pihak pengelola mengadakan pemeliharaan setiap tiga bulan sekali.
6)
Hubungan sekolah dengan orang tua dan masyarakat
Orang tua dan masyarakat berperan
secara aktif dalam mendukung setiap kegiatan yang diadakan oleh PAUD tersebut.
Bahkan sebagian masyarakat berperan sebagai Pembina di PAUD tersebut. Selain
itu, PAUD pun aktif melakukan kerja sama baik dengan puskesmas, Enzim (supplier
pasta gigi), posyandu, dan TK/PAUD lainnya.
7)
Latar belakang sosial ekonomi peserta didik
Latar belakang sosial ekonomi
peserta didik cukup bervariasi dan terdiri dari berbagai kalangan.
8)
Deskripsi tentang metode dan pendekatan pembelajaran yang biasa digunakan di TK
Metode dan pendekatan pembelajaran
yang biasa digunakan di PAUD Sukmawati cukup bervariasi, baik secara klasikal,
kelompok, maupun BCET. Metode tersebut dapat membantu anak untuk mencapai SKH
yang telah ditentukan.
2.3 Program-Program yang
Dilaksanakan
2.3.1 Sosialisasi
Program PAUD
Program ini merupakan sebuah program
awal dari keseluruhan program yang diselenggarakan oleh kelompok KKN PAUD
Sukagalih. Program sosialisasi diisi dengan kegiatan kunjungan-kunjungan ke
berbagai elemen masyarakat, di antaranya aparat kelurahan Sukagalih, PAUD-PAUD,
POKJA, PKK, serta masyarakat Kelurahan Sukagalih (terutama RW 06). Program ini
ditujukan untuk menyosialisasikan program-program KKN PAUD yang akan diadakan
di Kelurahan Sukagalih.
2.3.2 Pendataan Seluruh
PAUD Di Kelurahan Sukagalih
Berhubung dengan program utama
kelompok KKN PAUD Sukagalih adalah membentuk PAUD Percontohan, maka langkah
awal untuk merealisasikan program tersebut yaitu melakukan pendataan guna
menjaring atau memilih PAUD mana yang akan dijadikan sebagai PAUD Percontohan.
Pendataan dilakukan dengan angket yang telah kami siapkan. Adapun data yang
kami peroleh di antaranya adalah: identitas PAUD, latar belakang mengapa PAUD
tersebut didirikan, pengelolaan tenaga pengajar, pengelolaan peserta didik,
pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan, hubungan sekolah dengan orang tua
dan masyarakat, latar belakang peserta didik, serta metode dan pendekatan pembelajaran
yang dilakukan oleh masing-masing PAUD
2.3.3 Bantuan Pengajaran
ke PAUD Sukmawati dan PAUD Pelangi
Setelah melakukan pendataan, PAUD
yang terpilih untuk dijadikan PAUD Percontohan yaitu PAUD Sukmawati. Kegiatan
selanjutnya yaitu program pengajaran ke PAUD tersebut. Program ini ditujukan
untuk memperbaiki proses pembelajaran di PAUD tersebut, baik dari segi metode,
pendekatan, maupun media pembelajaran yang digunakan.
Selain itu, terdapat satu PAUD yang
sedang memerlukan bantuan berupa tenaga pengajar, yaitu PAUD Pelangi. Maka
program Pengajaran selain dilakukan di PAUD Sukmawati, juga dilakukan di PAUD
Pelangi.
2.3.4 Parents Talk 1
(mengenai pentingnya pendidikan sejak dini)
Seperti yang telah disampaikan di
bagian pendahuluan, selain berfokus pada pengembangan PAUD, program yang
diusung oleh kelompok KKN PAUD Sukagalih pun berfokus pada peningkatan
penegtahuan para orang tua. Untuk itu, kami mengadakan program yang dikhususkan
untuk orang tua yaitu Parents Talk. Program ini merupakan program
seminar yang dikemas secara ringan ke dalam sebuah “obrolan” di antara para
orang tua. Panitia akan mengangkat tema-tema tertentu, kemudian terdapat
pemateri yang akan memandu arah obrolan para orang tua tersebut. Dari tema yang
diangkat, para orang tua akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan jawabannya
akan mereka peroleh baik dari sesame orang tua, pemateri, maupun panitia.
Tema yang diangkat di Parents
talk 1 yaitu mengenai pentingnya pendidikan sejak dini. Latar belakang
mengapa panitia memilih tema ini karena ternyata pengetahuan masyarakat awam
mengenai pendidikan usia dini masih cukup dangkal. Masyarakat (termasuk orang
tua yang menjadi peserta Parents Talk) masih kebingungan akan status
PAUD dan TK.
Parents Talk diadakan di aula keluraha Sukagalih dan berlangsung mulai
dari jam 09.00 WIB sampai dengan selesai.
2.3.5 Parents Talk 2
(mengenai kiat-kiat mengajak anak berpuasa
Sama halnya dengan Parents Talk 1,
Parents Talk 2 diikuti oleh orang tua siswa-siswi PAUD Sukmawati. Larena
diadakan di bulan Ramadhan, maka tema yang dingkat pada Parents Talk 1 yaitu
“Kiat-kiat mengajak Anak berpuasa”.
2.3.6 Parents Talk 3 (mengenai
gaya belajar anak)
Parents Talk 3 diadakan di akhir awal pekan keenam. Parents Talk 3
mengangkat tema yaitu “Mengenal Gaya Belajar Anak”. Acara ini kami gunakan
sekaligus sebagai ajang untuk melakukan ucapan perpisahan dengan para orang tua
siswa PAUD.
2.3.7 Talkshow mengenai
Kesesuaian cara mendidik
dengan karakter anak
Program ini merupakan salah satu
program besar KKN PAUD Sukagalih. Talkshow ini mengangkat tema “Sudah Sesuaikah
Cara Kita Mendidik Anak”. Adapun peserta dari talkshow ini terdiri dari
kader-kader PKK dan pengajar PAUD se-kelurahan Sukagalih. Kami menghadirkan pemateri
yang merupakan mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia, namun mahasiswa
tersebut sudah memiliki pengalaman menjadi pemateri di berbagai acara seminar.
Meskipun jumlah peserta cukup sedikit, namun Talkshow tersebut berjalan lancar
dan respon peserta cukup baik.
2.3.8 Kegiatan Ramadhan
BTQ (Baca Tulis Qur’an)
Selama pekan kedua-ketiga bulan
Ramadhan, kami mengadakan program BTQ. Program ini dilaksanakan atas kerja sama
kelompok KKN PAUD UPI dengan DKM Mesjid Nurul Mu’minin. Peserta BTQ dimulai
dari PAUD sampai SMP dengan jenjang kemampuan Baca Tulis Qur’an dari Iqra 1
sampai Alqur’an. Adapun kegiatan BTQ itu di antaranya adalah belajar mengaji,
belajar menulis huruf hijaiyah, story telling tentang kisah nabi, dan
buka bersama.
2.3.9 Membenahi dan
Menata PAUD
Di pekan akhir KKN, kami membenahi
dan menata PAUD Sukamawati. Kami mencoba mendayagunakan ruangan kosong menjadi
ruangan bermain bagi anak-anak.
2.3.10
Program Kecamatan
Kelompok KKN PAUD UPI sekecamatan
Sukajadi mengadakan acara akbar yaitu Workhop mengenai Seni, Musik, dan
Kreativitas dalam Peningkatan Pembelajaran PAUD. Workhop ini mengundang
pemateri dari staf dosen PAUD UPI yaitu Heni Komalasari, M.Pd. Acara akbar ini
pun sekaligus merupakan acara perpisahan kelompok KKN PAUD UPI Kecamatan
Sukajadi dengan pihak pemerintahan Kecamatan Sukajadi secara formal. Acara
tersebut diisi oleh penampilan video dari masing-masing kelompok sekecamatan
Sukajadi, workhop mengenai seni, musik, kreativitas, dan penampilan kreasi seni.
BAB
III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Berdasarkan waktu pelaksanaan KKN
yang telah disediakan, kami telah menyelesaikan semua program yang telah kami
rancang di awal KKN dengan tepat waktu. Program-program tersebut di antaranya
adalah pengajaran ke PAUD Sukmawati dan PAUD Pelangi, Parents Talk,
Talkshow, BTQ, dan program-program lainnya.
Namun, terdapat kekurangan yang
disebabkan oleh kendala-kendala yang kami hadapi di lapangan. Di antaranya
adalah:
1)
Teknis pengajaran di salah satu PAUD yang dirasakan kurang efisien. Hal ini
diindikasikan dengan ketidakjelasan peran anggota KKN dalam proses belajar
mengajar.
2)
Tidak tercapainya jumlah peserta Talkshow dari apa yang telah direncanakan. Hal
ini dikarenakan minimnya pengalaman kami terhadap kondisi lapangan.
Kesimpulan Kuesioner
Setelah dilakukan pendataan terhadap
PAUD yang terletak di kelurahan Sukagalih dapat disimpulkan bahwa jumlah PAUD
di kelurahan Sukagalih sudah cukup memadai untuk menampung anak usia dini yang
berdomisili di kelurahan Sukagalih dan sekitarnya. Setiap RW sudah memiliki
minimal satu PAUD. Dan pengelolaan PAUD tidak hanya melibatkan pemilik serta
pengajar disana saja, namun sudah ada koordinasi dengan HIMPAUDI, Dinas
Pendidikan, serta Kelurahan.
Namun hal yang patut menjadi
perhatian adalah sarana dan prasarana yang disediakan di masing-masing PAUD,
kelompok kami masih melihat kesenjangan antara PAUD satu dan lainnya, hal ini
lebih dikarenakan bayaran yang dipungut di masing-masing PAUD yang berimbas
pada penyediaan sarana belajar anak. Ada PAUD yang terlihat mewah dan ada PAUD
yang masih belum memiliki alat pembelajaran yang memadai.
Disamping itu tenaga pengajar PAUD
yang kebanyakan berangkat dari kecintaan terhadap anak-anak dan mulai mengajar
di PAUD menyebabkan latar belakang pendidikan formal yang kurang sesuai. Masih
jarang ditemukan pengajar PAUD yang benar-benar memiliki latar belakang
pendidikan sarjana PAUD. Namun, pada praktiknya kegiatan pembelajaran sudah
berjalan dengan baik.
Hubungan PAUD dengan pihak di luar
PAUD baik itu dengan orang tua maupun masyarakaty sekitar sudah terjalin dengan
baik. Hal ini dibuktikan dengan besarnya partisipasi yang diberikan orang tua
siswa pada saat PAUD melaksanakan berbagai kegiatan insidental. Hal ini mungkin
disebabkan karena masyarakat pada umumnya sudah memahami pentingnya pendidikan
bagi anak usia dini.
3.2 Rekomendasi
Pengadaan PAUD yang sejatinya di
instruksikan oleh Kelurahan sudah seharusnya mendapat dukungan penuh dari
pemerintah dan masyarakat sekitar dalam pengadaan sarana dan prasarana agar
kualitas belajar dapat meningkat. Dalam hal ini kelompok KKN Sukagalih telah
membantu dengan cara memberikan media yang dapat digunakan dalam proses pengajaran
pada PAUD yang kami bina selama KKN.
Selain itu latar belakang pendidikan
pengajar PAUD yang sebagian besar tidak sesuai untuk mengajar PAUD perlu
mendapat pembinaan dari pemerintah berupa workshop serta seminar mengenai PAUD
sehingga kualitas guru dalam pun dapat ditingkatkan.
3.3 Tindak Lanjut Program
Setelah semua program dilaksanakan,
diperlukan tindak lanjut dari semua program yang terlaksana agar peningkatan
kualitas PAUD dari tahun ke tahun dapat terjadi secara progresif. Maka dari
itu, tindak lanjut yang dapat diupayakan di antaranya adalah:
1)
Pemilihan PAUD percontohan diharapkan berbeda dengan PAUD yang telah dipilih
pada tahun ini. Pada program KKN tahun ini, kelompok KKN PAUD UPI Kelurahan
Sukagalih telah memilih PAUD Sukmawati sebagai PAUD Percontohan. Dan program
ini pun sudah berhasil dengan baik. Kami menyarankan PAUD yang dipilih untuk
dijadikan PAUD Percontohan yaitu PAUD Nur Ikhlas atau PAUD Pelangi karena kami
merasa kedua PAUD tersebut membutuhkan tindak lanjut pengembangan yang lebih
intensif;
2)
Aspek yang menjadi fokus pengembangan kami terletak pada pengembangan metode
pengajaran dan media pembelajaran. Kelompok KKN selanjutnya diharapkan dapat
memberikan banyak metode pengajaran baru dan berbagai media pembelajaran yang
lebih variatif;
3)
Program-program yang telah dikembangkan oleh kami sudah mencakup dari empat
komponen yang berperan penting dalam PAUD. Keempat hal tersebut yaitu:
–
Pengajar: untuk meningkatkan kualitan pengajar, kami mengadakan program
Talkshow mengenai pentingnya PAUD dan mengenal gaya belajar anak
–
Orang tua: untuk menambah pengetahuan orang tua mengenai pendidikan anak usia
dini kami mengadakan Parents Talk yang diadakan setiap minggu dengan
tema yang berbeda
–
Siswa: kami mengadakan program BTQ (Baca Tulis Qur’an) yang diadakan
selama pekan kedua dan pekan ketiga bulan Ramadhan.
–
Kegiatan pembelajaran: Kami memberikan penguatan metode pembelajaran di
kelas dan menggunakan media pembelajaran yang variatif sebagai contoh.
Dengan melihat program-program di
atas, diharapkan KKN PAUD UPI selanjutnya dapat memberikan penguatan lebih
lanjut serta mengadakan penyuluhan bagi orang tua serta guru dalam porsi yang
lebih banyak.
LAPORAN KELOMPOK
KULIAH KERJA NYATA ( KKN ) 2015
DI DESA ERETAN WETAN KECAMATAN
KANDANGHAUR KAB. INDRAMAYU
DOSEN
PEMBIMBING LAPANGAN :
EVA LATIFA. S.Pd AUD
DISUSUN OLEH :
1.
UNIVERSITAS PANCA SAKTI BEKASI
2015
LAPORAN
KELOMPOK
KULIAH
KERJA NYATA ( KKN ) 2015
DI DESA ERETAN WETAN KECAMATAN KANDANGHAUR
DISUSUN
OLEH :
1.
Telah disahkan pada tanggal : 11
Juni 2015
Kordinator
lapangan
BUDHI
HARTONO S.Pd
|
Dosen
Pembimbing Lapangan
EVA LATIFA S. Pd AUD
|